PEJABAT STRUKTURAL LP MUARA BULIAN TANDATANGANI PAKTA INTEGRITAS

IMG 0025Muara Bulian - Hari Rabu tanggal 04 Januari 2012 para pejabat Eselon IV dan V Lapas Klas II B Muara Bulian menandatangani Pakta Integritas sebagai tindak lanjut dari adanya Inpres No.09 tahun 2011 tentang Rencana Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2011. Penandatanganan disaksikan oleh Bapak Kalapas serta seluruh jajaran petugas yang ada di Lapas Muara Bulian. Acara Penandatanganan Pakta Integritas yang merupakan kegiatan pertama kali dilaksanakan di UPT Pemasyarakatan dan bahkan mungkin UPT lain dijajaran kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi setelah kegiatan serupa dilaksanakan untuk para Ka.UPT dan pejabat lain di kantor wilayah ini, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Dalam sambutannya Kalapas Muara Bulian, R.Sunarhadihartadi,Bc.IP,SH,MH, menyatakan bahwa Penandatanganan Pakta Integritas ini merupakan langkah awal bagi aparat khususnya pejabat dalam upaya memerangi tindak korupsi yang belakangan ini semakin marak pemberitaannya.

Selain kegiatan penandatanganan Pakta Integritas, Lapas Muara Bulian juga mengadakan rapat dinas terkait kegiatan Gerakan Peningkatan Pengetahuan Bidang Substansif (GP2BS) serta evaluasi kerja tahun 2011 dan rencana kerja tahun 2012.

Dalam pengarahannya Kalapas juga berpesan hendaknya kita sebagai pejabat dan petugas agar senantiasa :

1. Meningkatkan kemampuan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas, antara lain dengan cara meningkatkan budaya malu, yaitu malu datang terlambat, malu pulang awal, malu tidak masuk kerja, malu sering izin, malu bekerja tidak tertib. Tetapi sebaliknya harus senantiasa berusaha agar semakin tanggap, tangguh, trampil dan trengginas namun tetap penuh tawakal kepada Tuhan yang maha kuasa dalam melaksanakan tugas yang semakin tidak ringan.

2. Semakin mengerti dan memahami apa yang menjadi tugas pokoknya sekaligus belajar memahami bidang tugas lain di jajaran Kementerian Hukum dan HAM RI sebagaimana yang menjadi tujuan dari GP2BS.

3. Tidak melakukan kekerasan dalam melaksanakan tugas.

4. Tidak pernah mencoba bermain dengan narkoba dan sejenisnya.

5. Ikut melaksanakan aksi pencegahan dan pemberantasan Korupsi sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing.

6. Berusaha untuk tetap melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan baik yang tertulis maupun petunjuk dan arahan pimpinan.

7. Tidak pernah berhenti untuk belajar meningkatkan kemampuan dan penguasaan akan segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas dan tertanam sikap dan prinsip bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.

Acara yang berakhir pada pukul 11.30 WIB tersebut berlangsung dengan lancar dengan ditutup do'a dan sebelumnya secara bersama menyanyikan lagu Padamu Negeri sebagai salah satu upaya menanamkan rasa pengabdian kepada bangsa dan Negara.

IMG 0013