APEL BERSAMA PENANDATANGANAN PAKTA INTEGRITAS

Jambi – 28 Mei 2012. Bertempat di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi dilaksanakan Apel Bersama dalam Rangka Penandatanganan Pakta Integritas. Apel Bersama ini diikuti oleh Para Pejabat Eselon II, III dan IV, Kepala Unit Pelaksana Teknis dan Staf dalam jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi. Penandatanganan Pakta Integritas ini dilakukan oleh Para Pejabat Eselon II dan III serta Kepala Unit Pelaksana Teknis dalam jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi. Pakta Integritas tersebut berisi tujuh hal untuk mengembangkan zona integritas dalam rangka mencegah dan memberantas korupsi di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Penandatanganan Pakta Integritasn tersebut disaksikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Dr. Bambang Rantam Sariwanto, Dalam arahannya, Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Dr. Bambang Rantam Sariwanto menjelaskan bahwa, Pakta Integritas ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan dan RB) No. 20 Tahun 2012. Pakta Integritas Anti Korupsi sudah menjadi komitmen di jajaran pimpinan, baik Bapak Menteri (Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin), Wakil Menteri (Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana), dan para eselon I, untuk terus mengembangkan zona integritas di jajaran Kementerian Hukum dan HAM," .

Sekjen kembali memberitahukan bahwa, Kemenkumham terpilih dan ditunjuk menjadi kandidat kementerian atau lembaga yang bebas dari korupsi. "Hal ini terjadi karena Kemenkumham telah menetapkan secara internal 300 satuan kerja (satker) Wilayah Bebas Korupsi (WBK),". Oleh karena itu, lanjut Sekjen, unit utama tanpa terkecuali ikut juga membangun zona integritas dalam rangka mewujudkan satker itu menjadi wilayah bebas korupsi. "Kewajiban kita semua adalah mengembangkan zona integritas guna melakukan upaya-upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi. Hal ini merupakan konsekuensi logis kita terhadap Inpres No. 9 Tahun 2011, dan percepatan Inpres No. 5 Tahun 2004 dalam rangka pencegahan dan pemberantasan korupsi," Selanjutnya Sekjen mengingatkan, penandatanganan Pakta Integritas ini tidak hanya formalitas, tidak hanya seremonial. Tetapi tahapan-tahapan ini harus dipahami oleh Bapak/Ibu (Para Pejabat Eselon II dan III dan Kepala UPT) sekalian. Penandatanganan Pakta Integritas Anti Korupsi adalah langkah menuju ke sana (Wilayah Bebas Korupsi). Tidak lagi kita bisa mundur. Penandatanganan Pakta Integritas ini menjadi tanggung jawab kita semua,".

Sekjen juga memberitahukan bahwa, Pakta Integritas ini perlu ditindaklanjuti kepada seluruh staf, tanpa terkecuali. "Karena begitu pimpinannya sudah berkomitmen membangun zona integritas, berarti seluruh jajaran di bawah pimpinan tersebut betul-betul sudah membangun komitmen terhadap apa yang sudah disepakati dalam Pakta Integritas. Tujuh hal dalam Pakta Integritas harus sering disampaikan, baik kepada bawahan, diri sendiri, maupun kepada pimpinan. Agar poin-poin yang ada di Pakta Integritas ini betul-betul terbangun di satker kita,".

Di akhir arahannya, DR. Bambang Rantam Sariwanto menyerukan agar semua insan di Kemenkumham untuk berkomitmen terhadap Pakta Integritas. "Mari kita semua menjalani ini semua dengan keikhlasan dan komitmen dan semangat yang tinggi serta yakin bahwa apa yang kita perbuat adalah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan kita, dan keselamatan kita semua," . (HUMAS)

 

Apel Bersama Pakta Integritas 01

 

Apel Bersama Pakta Integritas 02

 

Apel Bersama Pakta Integritas 03

 

Apel Bersama Pakta Integritas 04

 

Apel Bersama Pakta Integritas 05

 

Apel Bersama Pakta Integritas 06

 

Apel Bersama Pakta Integritas 07

 

Apel Bersama Pakta Integritas 08

 

Apel Bersama Pakta Integritas 09

 

Apel Bersama Pakta Integritas 10

 

Apel Bersama Pakta Integritas 11

 

Apel Bersama Pakta Integritas 12

 

Apel Bersama Pakta Integritas 13

 

Apel Bersama Pakta Integritas 14

 

Apel Bersama Pakta Integritas 15

 

Apel Bersama Pakta Integritas 16

 

Apel Bersama Pakta Integritas 17

 

Apel Bersama Pakta Integritas 18

 

Apel Bersama Pakta Integritas 19