Kanwil Kumham Jambi Gelar Workshop Penulisan Naskah Berita

workshop-penulisan-berita-kanwil-jambi (3).JPG

Mursyid Sonsang saat menyampaikan materi 

 

Jambi — Senin (12/3) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi menggelar Workshop Penulisan Naskah berita yang bertempat di Aula Kanwil Kemenkumham Jambi.

Acara yang di ikuti 28 peserta yang berasal dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lapas, Rupbasan dan Bapas menghadirkan narasumber Kepala Biro MNC Grup Jambi, Drs. H Mursyid Sonsang, M.Pd.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi di wakili Kepala Bidang Pembinaan, Lishabeta Hardianto membuka secara resmi kegiatan Workshop ini.

Menurut Lishabeta, pelatihan ini diadakan dalam upaya meningkatkan pemahaman dan kecakapan para peserta untuk menulis naskah berita.

 "Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, para peserta dapat menulis berita dengan baik dan dapat dimuat di media massa," ujar Lishabeta dalam keterangan tertulis yang diterima Humas.

 Mursyid Sonsang menerangkan tata cara dalam membuat suatu berita yang padat, singkat, jelas, namun bisa pahami oleh pembaca. “Kuncinya menulis berita itu fakta, narasumber dan kejadiannya terbaru. Kalau teorinya 5W + H,” ujar pendiri Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) itu.

Mantan Ketua PWI Provinsi Jambi dua periode ini menjelaskan, humas penting dalam mempromosikan kegiatan-kegiatan positif di lembaga ataupun institusinya. “Sekarang banyak media untuk dimanfaatkan, terutama media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan whatsapp untuk menyebar luaskan informasi tersebut,” jelas alumni Lemhannas tahun 2012 ini.

Kegiatan sehari ini ditutup oleh Kabid Keamanan Kanwil Kemenkumham Provinsi Jambi, Junaidi. Menurut Junaidi, selama ini humas kemenkumham hanya berfokus pada tupoksi yang ada. Namun seiring berkembangnya zaman, humas juga berperan memberikan informasi kepada masyarakat melalui media, baik online, cetak dan lainnya.

“Harapannya humas kemenkumham bisa secara mandiri memberitakan kegiatan yang mereka lakukan secara baik dan benar,” ujar Junaidi.

Salah seorang peserta, Budi Sutiyo, Kasi Benadik Lapas Klas IIB Muara Bulian yang mengikuti workshop ini mengatakan “Kegiatan ini pertama kali diadakan, selama ini kami membuat berita belajar secara otodidak. Kegiatan ini sangat berguna buat kami,” ujar Budi. (dok/foto:Humas)

 

workshop-penulisan-berita-kanwil-jambi (4).JPG

 

workshop-penulisan-berita-kanwil-jambi (2).JPG

 

workshop-penulisan-berita-kanwil-jambi (1).JPG

 


Cetak   E-mail