Kakanwil Lakukan Sidak Di Lapas Kelas IIA Jambi

Jambi - Kepala kantor wilayah kemenkumham Jambi Jahari Sitepu, melakukan inspeksi mendadak di Lapas Kelas IIA Jambi, Sabtu (04/07-2020). Dalam kegiatannya Kakanwil disambut Kalapas Jambi Yusran Sa'ad, KPLP Yongki dan beberapa pejabat di Lapas Kelas IIA Jambi.

Inspeksi mendadak dilakukan dalam rangka pembinaan dan pengawasan dalam Lapas. Kakanwil langsung menuju Dapur untuk melihat kondisi tempat masak dan pembagian nasi bagi napi dan tahanan. Beberapa yang menjadi catatan kakanwil adalah kebersihan dan peralatan steamer yang kondisinya rusak berat ada 5 (lima) buah, agar dilaporkan ke Ditjen Pas karena di Jambi tidak ada operator untuk perbaikan.

Selanjutnya kakanwil melihat kondisi aliran sungai di tengah Lapas, yang selalu menjadi penyebab banjir di Lapas bila terjadi hujan. Kondisi di Lapangan masih seperti 2 (dua) tahun lalu ketika beliau menjadi Kadiv Pas. Menurut Kalapas telah dilakukan perbaikan dan pencegahan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Jambi dan Pemerintah Provinsi Jambi, namun debet air masih terlalu besar sehingga banjir untuk saat ini masih sering terjadi ketika hujan deras. Banjir masih menjadi masalah utama di Lapas Jambi, dan beliau mengharapkan Lapas Jambi menjadi prioritas utama untuk dipindahkan, dan akan segera melapor ke Menteri Hukum dan HAM .

Dalam hal menerima tahanan baru yang sudah incraht telah disediakan blok khusus dan pelaksanaannya telah disesuaikan dengan tata cara penerimaan tahanan incraht dari kejaksaan. Prosesnpenerimaan di atur secara bergantian dikarenakan blok yang teesedia hanya bisa menampung 14 (embat belas) orang, dan waktu isolasi adalah 14 (embat belas) hari, dan Kalapas sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan kejaksaan. Untuk persiapan tatanan normal baru, lapas jambi sudah melaksanakan beberapa persiapan seperti untuk menerima kunjungan keluarga WBP dan juga persiapan protokol kesehatan tentang penerimaan kunjungan.

Terakhir pesan Kakanwil, agar tetap meningkatkan kewaspadaan untuk keamanan lapas. Kuatkan kerjasama dengan instansi lain seperti Polres, Koramil, Pengadilan dan Kejaksaan. (Dok/Foto : Humas)

WhatsApp_Image_2020-07-04_at_14.31.04.jpeg

WhatsApp_Image_2020-07-04_at_14.31.041.jpeg

 


Cetak   E-mail