Tes Urin Bagi Pejabat Baru di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Jambi

Jambi,  Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi, melakukan tes urine terhadap seluruh Pejabat Imigrasi baru yang akan dilantik di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Jambi Kamis (09/07/2020). Upaya ini dilakukan sebagai Komitmen Kakanwil Kemenkumham Jambi Mhd. Jahari Sitepu untuk mencegah penyalahgunaan narkoba pada pejabat dilingkungan Kemenkumham Jambi.

Menurut Kakanwil Mhd. Jahari Sitepu langkah tersebut, sebagai upaya dalam pemberantasan dan perlawanan terhadap narkoba, karena kini peredarannya di Provinsi Jambi masuk kategori mengkhawatirkan dan Provinsi Jambi masuk 5 (lima) besar Penyalahgunaan Narkoba. Bahkan penggunaan barang haram tersebut diduga telah menjangkiti seluruh kalangan termasuk para ASN”. “Inilah yang saya khawatirkan bila kita tidak mencegahnya sejak dini yaitu sebelum melaksanakan tugas di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jambi dan saya tidak segan-segan untuk menunda pelantikan yang bersangkutan bila terindikasi pengguna narkoba”. tegasnya 

Tes urine dilakukan kepada 7 (tujuh) orang dari 9 (Sembilan) orang yang akan dilantik pada hari ini oleh Tim Dokter dari Lapas Jambi yaitu dr. Armansyah Siregar dan seorang perawat.  Tes urine dilakukan pada pukul 07.30 WIB dengan mengambil sampel Urine dari masing-masing Pejabat yang akan dilantik. Proses pelaksanannya diawasi oleh petugas yang telah ditetapkan. Untuk 2 (dua) orang Pejabat yang tidak bisa hadir karena adanya Covid 19 sehingga transportasi udara dan laut yang terbatas, sehingga mengikuti pelantikan secara virtual.

"Kami mengapresiasi upaya yang dilakukan Kakanwil dan siap untuk dilaksanakan tes Narkoba, karena ini juga komitmen kami untuk tidak terlibat dalam penyalahgunakan narkoba ini. Karena yang mengkonsumsi narkoba tidak mengenal jabatan sosial dan profesi, semuanya bisa menggunakan narkoba”. Ungkap salah satu Pejabat yang akan dilantik.

Setelah dilakukan pemeriksaan atas urine dari masing-masing Pejabat, semua dinyatakan bebas dari narkoba dan dapat mengikuti pelantikan di Kanwil Kemenkumham Jambi. Kakanwil menyampaikan “sudah sepatutnya pemimpin memberikan contoh kepada bawahannya dan seluruh masyarakat bahwa mereka juga ikut memerangi narkoba secara nyata”ucapnya. (Dok/foto : Humas)

 

tes_urine_pejabat_baru_dilantik_di_kanwil_kemenkumham_jambi_3.jpeg

 

tes_urin.jpeg

 

tes_urine_pejabat_baru_dilantik_di_kanwil_kemenkumham_jambi_4.jpeg

 

tes_urine_pejabat_baru_dilantik_di_kanwil_kemenkumham_jambi_5.jpeg

Cetak