Kanwil Jambi Gelar Rekonsiliasi Penyusunan Laporan Keuangan Semester I Tahun 2020 Secara Virtual

JAMBI, melanjutkan kegiatan pada hari sebelumnya, hari ini Kamis (09-07-2020) beberapa orang operator BMN dan SAIBA dari Sub Bagian Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Negara didampingi langsung oleh Kasubbag nya Taufiq Akbar Nasution kembali mengadakan Rekonsiliasi Penyusunan Laporan Keuangan Semester I tahun 2020 beserta seluruh operator dalam Jajaran  Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi. Turut hadir membuka kegiatan Rekonsiliasi yaitu Kepala Kantor Wilayah Mhd. Jahari Sitepu yang didampingi oleh Kepala Divisi Administrasi Slamet Pramoedji.

 

rekon_Penyusunan_laporan_keuangan_S_I_1.JPG

 

Dalam Arahannya Kakanwil menyampaikan bahwa acara Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan Semester 1 Tahun Anggaran 2020 merupakan salah satu agenda rutin Kanwil Kemenkumham Jambi demi mewujudkan laporan keuangan yang akuntabel. “Lewat acara rekonsiliasi ini saya harapkan terjadi sharing dan konsultasi terkait kendala yang dihadapi dalam melakukan penyusunan laporan. Laporan keuangan yang akuntabel akan dapat berpengaruh terhadap opini BPK( Badan Pengawas Keuangan), yaitu WTP (Wajar Tanpa Pengecualian)", jelasnya di ruang rapat Kepala Kantor Wilayah. Jahari Sitepu juga menyampaikan beberapa strategi dalam meraih opini WTP. Beberapa diantaranya yaitu adanya komitmen untuk menyusun laporan secara akuntabel, penguatan SDM, penertiban Barang Milik Negara (BMN), dan implementasi tata nilai Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif (PASTI).

 

rekon_Penyusunan_laporan_keuangan_S_I_4.JPG

 

rekon_Penyusunan_laporan_keuangan_S_I_3.JPG

 

Selanjutnya Kadiv Administrasi Slamet Pramoejdi yang didampingi oleh Kepala Bagian Umum Anwar memberikan arahan tentang  Penyusunan Laporan Keuangan dan Pemutakhiran data BMN pada kegiatan rekonsiliasi ini, beberapa diantaranya adalah timeline penyusunan laporan keuangan, tindak lanjut audit BPK atas laporan BMN Kementerian Tahun 2019 dan hasil reviu APIP dan Penyelesaian permaslahan pada proses pemutakhiran data BMN dan Rekonsiliasi data keuangan semester I tahun 2020.

Acara yang direncanakan selama 3 (tiga) hari dan dilangsungkan secara virtual ini akan berakhir pada hari Jum’at tanggal 10-07-2020 untuk wilayah Jambi. Selanjutnya mulai tanggal 13-28 Juli 2020  akan dilaksanakan rekonsiliasi data laporan keuangan antara Kantor Wilayah seluruh Indonesia dengan unit Eselon I via Zoom Cloud Meeting. Diaharapkan hasil yang maksimal dapat dicapai dari kegiatan ini, yaitu Laporan Keuangan yang Akuntabel dan kita bisa meraih predikat WTP. (dok/foto : Humas)

 

rekon_Penyusunan_laporan_keuangan_S_I_2.jpeg

 

 

 

 


Cetak   E-mail