Evaluasi IKPA Bagi Seluruh Satker Dalam Jajaran Kanwil Kemenkumham Jambi

JAMBI, Senin (28/09/2020) IKPA merupakan indikator yang ditetapkan oleh BUN (Bendahara Umum Negara) untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja K/L dari sisi kesesuaian terhadap perencanaan, efektivitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran, dan kepatuhan terhadap regulasi.“ Kinerja pengelolaan UP dan TUP dihitung berdasarkan dua aspek  yaitu Pertanggungjawaban UP (Uang Persediaan)  dan TUP (Tambahan Uang Pesediaan) tepat waktu dalam 1 (satu) bulan sesuai dengan status yang dapat dipantau pada Kartu Pengawasan (Karwas) UP dan TUP dan sisa dana UP dan TUP yang belum disetor ke Kas Negara pada akhir tahun anggaran sebagai penalti nilai.

 

evaluasi-IKPA_3.JPG

 

evaluasi-IKPA-2020_1.JPG

 

Untuk itu bertempat di ruang rapat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi diadakan Evaluasi Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi yang dihadiri oleh seluruh Bendahara Pengeluaran dan Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP) Kanwil serta seluruh BPP seluruh Satuan Kerja dalam Jajaran Kanwuil Kemenkumham Jambi secara daring. Hadir membuka acara secara resmi sekaligus memberikan materi, Kepala Divisi Administrasi selaku mentor IKPA Slamet Pramoedji didampingi Kepala Bagian Umum Anwar dan Kasubbag Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Negara Taufiq Akbar Nasution. Selain Bendahara Seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis selaku KPA, Pejabat Pembuat Komitmen, Pejabat Penandatangan SPM turut menjadi peserta kegiatan evaluasi IKPA.

Berdasarkan data yang diperoleh peringkat Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) tertinggi satuan kerja di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan HAM Jambi sampai dengan bulan september 2020 diraih oleh Satker Lapas sarolangun sebesar 94,14%, sedangkan Kanwil Jambi sendiri berada di urutan ke 9 (Sembilan) dengan presentase 91,45 %. Dalam arahannya Kadivmin mengharapkan agar seluruh Satker dapat meningkatkan presentase IKPA, dan yang lebih penting lagi adalah adanya peningkatan kualitas pelaksanaan anggaran dan peningkatan tata kelola keuangan. (dok/foto : Yossi – HUMAS Kanwil Kemenkumham Jambi)

 

evaluasi-IKPA-2020_6.JPG

 

evaluasi-IKPA-2020_5.JPG

 

evaluasi-IKPA-2020_2.JPG

 

evaluasi-IKPA-2020_2.jpeg

 

evaluasi-IKPA-2020_1.jpeg


Cetak   E-mail