Tes Kesamaptaan Usai, Namun Semangat Tak Boleh Padam 

26-11-2021_-_Tes_Kesamaptaan_Usai_Semangat_Tak_Boleh_Padam.jpg

 

 

JAMBI - Pelaksanaan Tes Kesamaptaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Calon Taruna/i (CATAR) Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) dan Politeknik Ilmu Keimigrasian (POLTEKIM) di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jambi (Kanwil Kemenkumham Jambi) sudah memasuki hari kedua yang merupakan hari terakhir pelaksanaan tes pada hari ini Jumat (26/11/2021). Sebanyak 110 orang peserta hadir untuk mengikuti tes kesamaptaan yang diselenggarakan di Gedung Koni Jambi. Mereka tampak cukup antusias dalam mengikuti pelaksanaan tes kesamaptaan ini meskipun kondisi cuaca di Kota Jambi tampak tidak terlalu bersahabat. 

Waktu semakin terus berjalan, mentari mulai tampak menghiasi langit Kota Jambi, dan pada akhirnya pelaksanaan tes kesamaptaan segera dimulai. Pelaksanaan tes dimulai dari pengecekan kondisi kesehatan para peserta dengan didampingi oleh Tim Dokter dan Para Medis yang berkompeten dari Kemenkumham, dilanjutkan dengan pengukuran tinggi badan yang menjadi salah satu persyaratan kelulusan tes kesamaptaan. Setelah proses pengukuran tinggi badan selesai dilaksanakan, para peserta diarahkan oleh panitia untuk segera memasuki area lapangan Koni. Setibanya masuk ke dalam area lapangan Koni, para peserta diberikan arahan oleh Tim Korem 042/Gapu Jambi untuk melakukan pemanasan sebelum melaksanakan tes lari selama 12 menit.

Badan sudah segar, otot pun sudah siap untuk bertempur maka tibalah saatnya tes lari 12 menit dimulai. Dengung tiupan pluit pun mulai dibunyikan oleh pimpinan tes lari ini, dan para peserta mulai melangkah sejauh mungkin demi mencapai rekor penilaian terbaiknya masing-masing. Tes lari pun usai, dan kemudian dilanjutkan dengan tes kedua yakni melakukan pull up. Tampak raut wajah para peserta benar-benar ekstra mengeluarkan tenaga ketika melakukan pull up ini. Sedikit demi sedikit para peserta berusaha untuk mengejar rekor nilai terbaiknya dengan mengeluarkan tenaga semaksimal mungkin. 

Semangat tak redup seketika itu saja, masih ada tahapan selanjutnya yakni melakukan tes sit up dan tes push up. Tampak para peserta mulai terlihat kelelahan, namun semangat mereka tak mudah pudar. Terbukti dalam pelaksanaan kedua jenis tes ini para peserta benar-benar menunjukkan performa terbaiknya supaya bisa memperoleh nilai yang terbaik. Rasa Lelah tak menjadi halangan bagi mereka untuk berkompetisi menjadi calon terbaik penerus bangsa ini. Selanjutnya, para peserta memasuki tahap akhir tes kesamaptaan yakni melakukan shuttle run. Pada tes ini, para peserta dituntut untuk menaruh konsentrasinya agar mampu melaksanakan Gerakan shuttle run dengan baik dan benar sesuai dengan arahan tim pelaksana.

Setelah semua rangkaian kegiatan tes kesamaptaan selesai dilaksanakan, maka tibalah saatnya para peserta dikumpulkan di area Tribun Koni untuk diberikan sedikit pengarahan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jambi Mhd. Jahari Sitepu. Kepada seluruh peserta yang telah melaksanakan tes kesamaptaan pada hari ini Jahari menyampaikan, “Alhamdulillah anak-anak kami yang mengikuti tes ini dari pagi hingga siang ini tidak ada yang cidera. Semoga anak-anak ini semuanya menjadi berkah dengan datang ke Koni ini. Kepada seluruh masyarakat dan seluruh keluarga, saya tekankan jangan percaya kalau ada anggota saya yang mengasih janji-janji untuk meluluskan menjadi pegawai Kemenkumham. Itu tidak benar! Saya Kakanwil Kemenkumham Jambi bertanggung jawab penuh kalau ada pegawai saya atau pihak dari luar mengatakan bisa untuk menjadi pegawai Kemenkumham, sampaikan kepada saya langsung. Jika kedapatan ada pegawai saya yang bermain maka saya akan ambil tindakan sesuai dengan yang ada di Kemenkumham.”, tegas Kakanwil.

(Dok/Foto: Tim Humas Samapta – Kanwil Kemenkumham Jambi)

 

WhatsApp_Image_2021-11-26_at_15.11.29_1.jpeg

 

WhatsApp_Image_2021-11-26_at_15.11.29_2.jpeg

WhatsApp_Image_2021-11-26_at_15.11.29_3.jpeg

WhatsApp_Image_2021-11-26_at_15.11.29_4.jpeg

 

WhatsApp_Image_2021-11-26_at_15.11.29_5.jpeg

Cetak