"Pimpin Pemulihan Bergerak Untuk Merdeka Belajar" Tema Peringatan Hardiknas Tahun 2022

Hardiknas_2022.jpg

 

Jambi, Jumat (13/05/2022) Ada yang berbeda di peringatang  Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2022 kali ini. Upacara yang biasanya diperingati setiap tanggal 2 Mei, kali ini diundur pelaksanaannya dikarenakan tanggal 2 Mei 2022 lalu bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri dan periode cuti bersama Lebaran, sehingga peringatan Hardiknas digeser ke tanggal 13 Mei 2022.

Adapun sejarah Hari Pendidikan Nasional yang ditetapkan setiap tanggal 2 Mei merupakan hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia. Ki Hadjar Dewantara juga pernah menjabat sebagai Menteri Pengajaran Indonesia ke-1 sejak 2 September 1945 hingga 14 November 1945.

Seluruh Kementerian dan Lembaga secara serentak mengadakan Upacara Bendera, tak terkecuali Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi. Pelaksanaan Upacara dilangsungkan dari Lapangan upacara Kanwil. Kepala Kantor Wilayah Tholib langsung bertindak sebagai Pembina Upacara yang diikuti oleh seluruh Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas maupun JFT/JFU pada Kantor Wilayah.

Rangkaian upacara dibuka dengan penghormatan umum yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, Dan Keamanan Junaidi Rison, pengibaran Bendera Merah Putih, Pembacaan UUD 1945 dan Panca Prasetya Korpri serta pembacaan amanat Mendikbudristek oleh Pembina Apel. Dengan mengusung tema  "Pimpin Pemulihan Bergerak untuk Merdeka Belajar" Mendikbudristek Nadiem Makarim mengajak semua anak-anak dan semua Guru  agar termotifasi dan meningkatkan kualitas belajar sehingga menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan. Saat ini tidak ada lagi batasan ruang dan dukungan untuk berekspresi, untuk terus menggerakkan pemajuan kebudayaan. “Lewat Konferensi tingkat tinggi G20, tahun ini kita membuktikan diri bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut, tetapi pemimpin dri gerakan pemulihan dunia” ujarnya. Upacara ditutup dengan pembacaan do’a bersama. (red/foto : YE/JA-RAW)

 

Hardiknas_2022_5.jpeg

Hardiknas_2022_7.jpeg

Hardiknas_2022_8.jpeg

Hardiknas_2022_3.jpeg

Hardiknas_2022_1.jpeg

Hardiknas_2022_2.jpeg

Hardiknas_2022_4.jpeg

Hardiknas_2022_9.jpeg

 

 


Cetak   E-mail