Penyuluh Hukum Kanwil Kemenkumham Jambi Sosialisasikan Paralegal Justice Award

penyuluh_hukum.jpg

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jambi melakukan kunjungan ke Kelurahan Jelutung. Kegiatan ini sebagai langkah awal, Kanwil Kemenkumham Jambi gelar silaturahmi dan koordinasi dengan Lurah Jelutung pada Senin (20/3/2023).

Rombongan Kanwil Kemkumham Jambi diantaranya M. Zen, Nurahadi dan Basuki menyampaikan bahwa telah dibuka seleksi Anugerah Paralegal Justice Award bagi Kepala Desa/Lurah sebagai mediator juris dan penghargaan Anibhawa Sasana Desa Jagaddhita oleh Kementerian Hukum dan HAM RI.

Anugerah Paralegal Justice Award ini diberikan oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sebagai bentuk apresiasi bagi para Kades/ Lurah yang berprestasi, dan lurah yang telah memberikan pengabdian terbaiknya untuk masyarakat, bangsa dan negara.

"Sebagaimana pemberitaan yang berkembang di media sosial, banyak cerita dan kisah tentang bagaimana Kades/Lurah yang hadir dan membantu warganya menyelesaikan masalah dengan mediasi kepada para pihak yang bersengketa dan dapat diselesaikan di kantor kalurahan," ujarnya.

Paralegal merupakan komponen penting dan garda terdepan dalam pencapaian akses terhadap Keadilan terutama dalam hal pemberian bantuan hukum dan melakukan pemberdayaan hukum bagi masyarakat.

Penguatan peran paralegal dapat dilakukan dengan merekrut aktor-aktor penting di masyarakat untuk menjadi Paralegal di wilayahnya masing-masing, Kepala Desa/Lurah merupakan aktor yang mengakar dan dekat dengan masyarakat yang dapat menjalankan peran paralegal dengan sangat baik.

Kehadiran Kepala Desa/Lurah dapat menjadi Mediator juris yang berperan sebagai Hakim Perdamaian Desa yang bisa menyelesaikan masalah masalah hukum yang timbul di Desa sehingga penyelesaian tersebut tidak harus berlanjut ke pengadilan.

Kades/ Lurah melakukan pengabdiannya dengan tulus, seperti mendamaikan warganya yang bersengketa dan menjaga stabilitas desa bersama-sama dengan Babinsa dan Babinkamtibmas serta tokoh lainnya.

Lurah Jelutung mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan komunikasinya yang menyampaikan adanya seleksi Anugerah paralegal justice award bagi Lurah. Ini merupakan suatu kehormatan jika diberikan kepercayaan untuk mengikutinya dengan memenuhi ketentuan dan komponen kelengkapan yang dipersyaratkan.

Kesuksesan dan keberhasilan Lurah Jelutung dalam menjaga keamanan dan kenyamanan warga di Kalurahan Jelutung untuk terus bersama memajukan kalurahan diusulkan menjadi Pilot Project Lurah dari wilayah Kota Jambi, yang akan mengikuti Anugerah Paralegal Justice Award bagi Kepala Desa/ Lurah sebagai Mediator Juris atau sebagai Hakim Perdamaian Desa

"Selama ini Lurah beserta jajaran pemerintah kalurahan condongcatur sering melakukan mediasi terhadap adanya permasalahan atau sengketa yang ada di masyarakat seperti masalah warisan, masalah warga dengan investor/pengembang dan masalah lainya yang dapat selesaikan di kantor Kalurahan dengan musyawarah mengundang para pihak yang bersengketa sehingga tidak sampai masuk ke pengadilan dapat diselesaikan secara kekeluargaan dan win win solution," ujarnya.

Selain itu, kunjungan Kanwil Kemenkumham Jambi di Kalurahan Jelutung juga melakukan supervisi terhadap produk hukum pemerintah kalurahan Jelutung. (Red/Foto : YE)

WhatsApp_Image_2023-03-21_at_15.40.22_1.jpeg

WhatsApp_Image_2023-03-21_at_15.40.23.jpeg

WhatsApp_Image_2023-03-21_at_15.40.23_1.jpeg

WhatsApp_Image_2023-03-21_at_15.40.22.jpeg

WhatsApp_Image_2023-03-21_at_15.40.21.jpeg

WhatsApp_Image_2023-03-21_at_15.40.20_1.jpeg

WhatsApp_Image_2023-03-21_at_15.40.20.jpeg


Cetak   E-mail