“Patent One Stop Service”, Kanwil Kemenkumham Jambi Pastikan Efisiensi Permohonan Paten yang Tepat Waktu

Patent_One_Stop_Service.jpg

 

JAMBI – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jambi M. Adnan membuka secara resmi Kegiatan Layanan Paten Terpadu “Patent One Stop Service” bagi Perguruan Tinggi, Lembaga Litbang dan Pelaku Usaha yang diselenggarakan di Aula Pengayoman pada Selasa (23/04/ 2024).

Tujuan utama dari pelayanan ini adalah untuk menyelesaikan permohonan paten secara tepat waktu dan memastikan bahwa para pemohon paten, terutama dari kalangan perguruan tinggi, lembaga litbang, dan pelaku usaha, dapat memperoleh layanan terpadu dengan efisiensi tinggi.

Pelayanan ini melibatkan serangkaian langkah, termasuk sosialisasi pendampingan pendaftaran, bimbingan dalam penyusunan spesifikasi, layanan hukum, dan penentuan masa berlaku paten..

Kakanwil yang didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Toman Pasaribu dan Kepala Bidang Pelayanan Hukum Ermasdon dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual yang telah mengadakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi para pamohon paten di Provinsi Jambi.  

M. Adnan berharap bahwa peluncuran Layanan Patent One Stop Service ini dapat meningkatkan jumlah permohonan paten, mempercepat proses dengan konsultasi langsung, memastikan seluruh provinsi di Indonesia terkhusus Jambi memiliki paten, dan memperkuat kolaborasi di bidang inovasi.

M. Adnan juga menegaskan bahwa penyerahan sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) kepada peneliti universitas ini akan memacu tantangan inovasi, karena kecepatan kemajuan pertumbuhan bergantung pada inovasi.

Dalam kesempatan kali ini, Kakanwil secara langsung memberikan sertifikat HAKI kepada Rektor dan perwakilan para inventor dari Akademisi di Provinsi Jambi. Langkah ini diharapkan dapat mendorong semakin banyaknya penelitian dan inovasi yang dilindungi di Provinsi Jambi, menjadikan wilayah ini sebagai pusat unggulan dalam menciptakan solusi berbasis inovasi untuk berbagai tantangan.

“Kedepannya pertumbuhan bangsa akan sangat ditentukan oleh pertumbuhan ekonomi yang berbasis pada inovasi. Di era global, inovasi adalah jalan untuk menuju keunggulan bangsa. Oleh karena itu kita harus berkomitmen memperkuat ekosistem yang sudah ada,” ucap Kakanwil.

Tak hanya itu, perwakilan dari Akademisi  juga mengucapkan terimakasih kepada Kanwil Kemenkumham Jambi, khususnya Sub Bidang Kekayaan Intelektual atas kerjasama yang telah terjalin selama ini.

Sementara itu,  Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Toman Pasaraibu yang hadir dalam kegiatan sosialisasi  kali ini menyatakan bahwa terselenggaranya kegiatan ini berkat dukungan dan kerja sama dari Direktorat Paten, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu, dan Rahasia Dagang Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. (Red : YE)

 

WhatsApp_Image_2024-04-23_at_10.12.02_2.jpeg

WhatsApp_Image_2024-04-23_at_10.12.02.jpeg

WhatsApp_Image_2024-04-23_at_10.12.02_1.jpeg

WhatsApp_Image_2024-04-23_at_10.12.05.jpeg

WhatsApp_Image_2024-04-23_at_10.12.05_1.jpeg

WhatsApp_Image_2024-04-23_at_10.12.03.jpeg

WhatsApp_Image_2024-04-23_at_10.12.05_2.jpeg


Cetak   E-mail