Penutupan Pendidikan Dasar Pemasyarakatan Tahun 2011

Sambutan KakanwilHumas Kanwil Jambi - Setelah mengikuti Pendidikan Dasar Pemasyarakatan (PDP) selama 30 hari, maka pada Senin (14/11) kemarin Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi, Rinto Hakim, SH., MH. resmi menutup Pendidikan Dasar Pemasyarakatan Angkatan Ke-3. Kegiatan ini bagian dari cara untuk meningkatkan tenaga Pemasyarakatan di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi.

Dalam sambutannya, Rinto Hakim, SH., MH. mengatakan bahwa pelaksanaan Diksar Pemasyarakatan adalah sebagai wujud kerjasama antar instansi Penegak Hukum. Terutama pembinaan mental dan fisik aparat penegak hukum, khususnya Petugas Lembaga Pemasyarakatan.

"Saya melihat Pendidikan Dasar Pemasyarakatan Angkatan Ke-3 ini tentunya makin diberikan lebih aplikatif dan sesuai kebutuhan kita di Lembaga Pemasyarakatan. Disini Peserta ditempa fisik, mental, wawasan dan keterampilan, maka sebagai Petugas diharapkan bisa mencegah secara dini pelanggaran dan pelarian Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan", ujar Rinto didampingi Kasubbag Humas dan Laporan Ishar, SH usai upacara penutupan PDP tersebut.

Apalagi di akui oleh Rinto Hakim bahwa tugas pemasyarakatan tidaklah ringan dan cukup kompleks, dimana dalam melaksanakan tugas memerlukan kesiapan, kesigapan, profesionalisme dan sikap mental/moral yang tanggung serta kematnagna intelektual aparatur pemasyarakatan yang tinggi. "Untuk itu melalui Diksar ini diharapkan dapat menghasilkan tenaga-tenaga profesional, disiplin, bertanggung jawab dan memiliki moral serta mental yang tingggi. Apalagi mereka ini sebagai basis terdepan dalam mweujudkan keamanan dan ketertiban baik dalam maupun di luar LP", akuinya.

Dengan selesainya pelaksanaan Diksar Pemasyarakatan, maka peserta sudah menjadi alumni PDP dan diharapkan dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai unsur penegak hukum dalam pelaksanaan Pemindanaan, Pengayoman Warga Binaan sebagai pelayanan Warga Binaan Pemasyarakatan serta pelayanan kepada masyarakat. "Pada kesempatan ini saya sangat mengharapkan partisipasi aktif para peserta demi berhasilnya upaya peningkatan SDM menuju profesionalisme sebagai unsur penegak hukum, pengayom dan pelayan masyarakat. Kepada peserta agar pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama Pendidikan dapat diterapkan dilingkunan tugasnya masing-masing" harapnya. Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Pendidikan Dasar Pemasyarakatan Sulaiman, SE mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini untuk mengahasilkan tenaga aparatur pemasyarakatan yang terampil, patuh dan taat serta berdedikasi tinggi. Menanamkan sikap SAMAPTA dan memiliki tingkat disiplin yang tinggi dalam menjalankan tugas.

"Dengan acara ini diharapkan terciptanya petugas pemasyaraktan yang berdisiplin, bersikap Samapta dan memiliki kemampuan dalam melakukan pembinaan terhadap warga binaan pemasyarakatan, serta mampu melaksanakan tindakan pengamanan. Kegiatan ini diikuti oleh 31 Peserta dari Satuan Kerja Pemasyarakatan dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi. (A.Md)

Foto Peserta Upacara

Peserta Penutupan Upacara PDP 2011

Pelepasan Tanda Siswa

Pelepasan Tanda Siswa Oleh Kepala Kantor Wilayah

Tamu Undangan

Para Tamu Undangan

Peragaan 1

Peragaan Siswa PDP 2011

Foto Bersama

Foto Bersama

Ending of Activity

Penghormatan Terakhir dari Siswa PDP Angkatan Ke-3 Tahun 2011


Cetak   E-mail