ANGGOTA WANTIMPRES JENDERAL TNI (PURN) SUBAGYO BESERTA ROMBONGAN KUNJUNGI KANWIL KEMENKUMHAM JAMBI

JAMBI – PLT.Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi Sorta Delima Lumban Tobing didampingi Para Kepala Divisi Kanwil Jambi dan seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lapas dan Imigrasi di lingkungan Wilayah Jambi, menyambut kedatangan para anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia (Wantimpres RI), pada Rabu 14 November 2018. Kedatangan para anggota Wantimpres RI tersebut dalam rangka mengadakan kunjungan kerja dan menghadiri forum diskusi yang digelar Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi.

Rombongan Wantimpres RI terdiri dari Jenderal TNI (Purn) Subagyo Hadisiswoswoyo (anggota Wantimpres), Mayjen TNI (Purn) A. Chasib (Sekretaris Wantimpres), Tri Wedya Yuli Purnomo (staf Anggota Watimpres), I Nyoman Puje Harmawan (staf watimpres), Saddra Fitrilia (analisis Politik, Hukum dan Keamanan Negara).

Kunjungan Anggota Wantimpres ke Provinsi Provinsi Jambi terkait pembahasan masalah bidang hukum dan keamanan. Pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi, dilakukan rapat pembahasan bersama jajaran Kanwil Kemenkumham Jambi bersama Anggota Wantimpres beserta tim. Dalam rapat tersebut dibahas masalah Pembinaan Narapidana Narkoba di dalam Lapas, pengawasan orang asing dan pencegahan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Non Prosedural, penanganan masalah Over Kapasitas dan Optimalisasi Penyuluhan Hukum.

PLT.Kepala Kantor Wilayah Sorta Delima Lumban Tobing dalam sambutannya juga sekaligus memberikan pemaparan kepada anggota Wantimpres terkait Upaya - upaya yang telah di lakukan Kanwil Kemenkumham Jambi melalui Jajaran Divisi Keimigrasian untuk melakukan pengawasan orang asing mulai dari pembentukan Tim Pengawas Orang Asing (TIMPORA) hingga tingkat kecamatan yang bekerjasama dengan instansi-instansi Penegak Hukum.

Kemudian Sorta juga menyampaikan beberapa langkah upaya untuk masalah TKI Non Prosedural antara lain dengan penguatan petugas wawancara pada kantor imigrasi dan Tempat Pemeriksaan Imigrasi pada Pelabuhan dalam rangka penolakan permohonan paspor dan penundaan keberangkatan bagi yang diduga calon TKI Non Prosedural.

Lanjut Sorta mengatakan untuk masalah Over Capasitas di dalam Lapas Kanwil Kemenkumham Jambi Telah berkoordinasi dengan beberapa Pemerintah Daerah untuk memberikan lahan Hibah yang salah satunya saat ini tengah di lakukan pembangunan Lapas Perempuan di Kabupaten Muara Jambi yang lahannya hasil dari hibah Kabupaten Setempat dan di harapkan mampu mengurangi masalah Over Kapasitas di dalam Lapas.

Jenderal TNI (Purn) Subagyo Hadisiswoyo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kakanwil dan jajaran atas pemaparan dan data-data yang telah disampaikan kepada tim Watimpres serta permasalahan-permasalahan dan isu aktual nantinya akan menjadi bahan kajian dan masukan dalam pengambilan kebijakan oleh Presiden Joko Widodo.

Terakhir, PLT.Kakanwil Kemenkumham Jambi dan Jenderal TNI (Purn) Subagyo Hadisiswoyo bertukar cindramata sebagai kenang-kenangan serta ditutup dengan foto bersama. (Dok/Foto:HumasKanwil)

 

anggota wantimpres kunjungan ke kanwil kemenkumham jambi 3

 

anggota wantimpres kunjungan ke kanwil kemenkumham jambi 3

 

anggota wantimpres kunjungan ke kanwil kemenkumham jambi 3


Cetak   E-mail