5 TPS di Lapas Jambi Terendam Banjir 50 cm akibat Hujan di Guyur Hujan Semalam

Jambi - Akibat hujan deras selama satu jam, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Jambi kembali di landa banjir. Banjir di Lapas ini akibat Hujan yang mengguyur dari mulai Malam hingga Subuh Dini hari. Ketinggian air di lapas tersebut mencapai 60 cm dan menggenangi beberapa sel tahanan di dalamnya.

Untuk mengantisipasi air lebih tinggi di dalam lapas, petugas lapas terpaksa membuka pintu gerbang Logistik lapas untuk mengeluarkan air yang telah tergenang.

Kepala Kalapas Jambi Yusran Saad saat di hubungi Humas Mengatakan sebanyak 3 blok yang ada di dalam Lapas Blok A2 B1 dan B2 termasuk sel pengasingan terpaksa di evakuasi oleh petugas lapas akibat tingginya debet air yang masuk ke dalam Blok tersebut.

"Ada 3 Blok termasuk sel Isolasi yang ada di dalam Lapas terendam banjir. Blok itu merupakan kamar A2 B1 dan B2 dan mereka sekarang sudah kita evakuasi ke blok yang lebih tinggi," ujar Kalapas Kelas II-A Jambi Yusran Saad.

Yusran Juga mengatakan 5 TPS di dalam lapas yang akan di gunakan untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) mencoblos semuanya terendam banjir.

"Kita masih menunggu air surut, alhamdulillah hujan sudah reda insyallah pagi ini kami akan kerahkan petugas di bantu WBP membersihkan sisa-sisa banjir di 5 TPS yang ada di dalam lapas ini." kata Yusran.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Jambi Farid Junaedi saat di hubungi Kalapas langsung menuju ke Lapas untuk meninjau langung banjir yang sedang melanda Lapas Jambi.

Farid mengatakan kepada Kalapas segera berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi Jambi untuk segera mengambil langkah cepat mengatasi banjir ini.

"Sebenarnya banjir ini sudah sering terjadi, di dalam lapas, karena drainase yang ada di lapas ini kecil, jadi jika hujan sudah deras, lapas sudah digenangi banjir. Apalagi pintu pembuangan air yang ada di arah pintu keluar juga sangat kecil makanya banjir sudah jadi langganan kalau hujan deras," ujar Farid

Untuk diketahui, banjir di lapas klas II A Jambi ini bukanlah pertama kalinya. Lapas Jambi juga kebanjiran Pada 14 Juni 2017 yang terendam banjir setinggi 1,5 meter. Buruknya aliran air yang telah hampir puluhan tahun sudah tidak diperbaiki membuat dinding lapas Jambi pun jebol. Puluhan narapidana terpaksa memilih kabur demi menyelamatkan diri dari genangan banjir yang tinggi.

Permasalah banjir di Lapas Jambi memang harus layak menjadi perhatian khusus oleh pemerintah daerah setempat. Di mana, setiap banjir yang melanda, petugas lapas jambi selalu khawatir karena setiap ada banjir, para napi memanfaatkan untuk kabur. (dok/foto:Humas)

Berikut Foto-Foto Banjir di Lapas Jambi yang di ambil oleh petugas.

Lapas-jambi-terendam-banjir (7).jpeg

 

Lapas-jambi-terendam-banjir (6).jpeg

 

Lapas-jambi-terendam-banjir (5).jpeg

 

Lapas-jambi-terendam-banjir (4).jpeg

 

Lapas-jambi-terendam-banjir (3).jpeg

 

Lapas-jambi-terendam-banjir (2).jpeg

 

Lapas-jambi-terendam-banjir (1).jpeg

 

Lapas-jambi-terendam-banjir (12).jpeg

 

Lapas-jambi-terendam-banjir (11).jpeg

 

Lapas-jambi-terendam-banjir (10).jpeg

 

Lapas-jambi-terendam-banjir (9).jpeg

 

 

 


Cetak   E-mail