Agus Nugroho Yusup Pimpin Upacara Hari Bela Negara di Kanwil Kemenkumham Jambi

Jambi – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi menggelar Upacara Peringatan ke 71 Hari Bela Negara pada hari Kamis (19/12). Pada Upacara ini Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi Agus Nugroho Yusup bertindak selaku Inspektur Upacara.

Dalam sambutan Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan oleh Kakanwil Kemenkumham Jambi mengatakan bahwa Semenjak Mr. Syafroedin Prawiranegara mendirikan Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada tanggal 19 Desember 1948 di Bukittinggi untuk membela kelangsungan hidup bangsa dan negara, berbagai wujud bela negara telah susul- menyusul silih berganti, untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap dan akan terus eksis untuk selama-lamanya.

“Semakin beragamnya ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang dihadapi bangsa ini, hanya bisa kita hadapi dengan keberagaman keahlian yang saling terkait dan mengisi. Di sinilah terletak relevansi tekad kita untuk mewujudkan SDM Unggul demi kemajuan Indonesia yang kita canangkan sebagai tema peringatan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke-74,”Ujarnya.

Ditambahkannya, Salah satu berkah yang telah mengantarkan kemerdekaan tanah air kita adalah digalinya kembali Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa dan nilai dasar bela negara. Pancasila adalah visi final bangsa dan negara Indonesia yang menghendaki pembangunan manusia paripurna.

“Sejalan dengan itu, pada tahun 2018 Presiden RI telah mengintruksikan pelaksanaan Rencana Aksi Bela Negara di berbagai bidang dan tataran di seluruh Indonesia dengan melibatkan segenap jajaran Kementerian/ Lembaga dan Pemerintah Daerah, serta berbagai elemen masyarakat sebagai wujud apresiasi atas berbagai keahlian manusia Indonesia,”Pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Agus juga menyampaikan Aksi Nasional Bela Negara juga melengkapi keahlian SDM kita dengan pengamalan nilai-nilai nela negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridhoi dan memberkati segala kesadaran, upaya dan kebersamaan bangsa kita dalam mencapai segenap tujuan dan cita-cita kemerdekaan menuju Manusia Indonesia Paripurna berdasarkan Pancasila,”Tutup Kakanwil.

Upacara Bela Negara ini diikuti oleh Para Kepala Divisi, Para Kepala Unit Pelaksana Teknis Dalam Wilayah Kota Jambi. Tampak pada barisan Upacara Para Pegawai di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi serta Pegawai dari UPT yang berada di Wilayah Kota Jambi. (HUMAS)

 

01

 

 

02

 

 

03

 

 

04

 

 

05

 

 

06

 

 

07

 

 

08

 

 

09


Cetak   E-mail