Perketat Pengamanan Melalui CCTV, Salah Satu Inovasi Mhd. Jahari Sitepu pada Proyek Perubahan Dikpim Tk II

JAMBI, Kamis (24/09/2020) Mhd. Jahari Sitepu selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi menggelar Seminar Rancangan Proyek Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XX Metode Blended Learning Tahun Anggaran 2020. Kegiatan yang telah memasuki tahap Penyusunan Rancangan Proyek  Perubahan ini merupakan salah satu tugas yang harus dituntaskan beliau selama menjalani Diklat Pimpinan bagi Eselon II. Tidak tanggung-tanggung, beliau langsung merealisasikan rencananya untuk melakukan pengawasan terhadap seluruh satuan kerja yang menjadi tanggung jawabnya di wilayah Jambi. Beberapa CCTV (Closed Circuit Television) terpasang di Kantor Wilayah dan seluruh Lapas dan Kantor Imigrasi. Badara Sultan Thaha Jambi pun tak luput dari pantauan beliau. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah pihak Kantor Wilayah dan Keimigrasian untuk melakukan pemantauan terhadap orang asing yang keluar masuk Propinsi Jambi. pengawasan ini tersaji dalam aplikasi SIMONSTER ( Sisitem Monitoring Terpusat).

Inovasi yang dilakukan Kakanwil ini mendapatkan apresiasi yang tinggi oleh seluruh aparatur penegak hukum yang ada di Provinsi Jambi yang turut hadir di ruang rapat Kepala Kantor Wilayah sebagai undangan, diantaranya Kepolisian Daerah Jambi, Kejaksaan, Badan Narkotika Nasional dan  Badan Intelejen Negara serta beberapa pihak Swasta yang hadir. Pemasangan CCTV ini diakui mereka sangat membantu mereka melaksanakan tugas pengawasan terhadap para tahanan yang ada pada setiap Lapas.

“Beberapa CCTV yang terpasang ini saya harapkan dapat meningkatkan pengawasan kita terhadap para Warga Binaan Pemasyarakatan yang ada di Provinsi Jambi serta CCTV yang terpasang di Bandara pun dapat memperketat pengawasan Keimigrasian dalam melakukan pemantauan terhadap WNA yang keluar masuk Provinsi Jambi. Rencana saya selanjutnya adalah membuiat rancangan agar pihak Kepolisian dan Kejaksaan juga dapat mengakses CCTV ini, agar kita dapat bekerjasama melakukan pengawasan demi keamanan Provinsi Jambi” tutur nya.

Ada beberapa kritik dan saran yang diterima Kakanwil, diantaranya dari pihak BNN yang menginginkan pihak Kanwil Kemenkumham Jambi untuk memasang CCTV di daerah perbatasan yang sering menjadi tempat pelarian para Bandar maupun Napi kasus Narkoba untuk menyelundupkan Narkotika ke dalam Provinsi Jambi. Jahari menanggapi positif terhadap usulan ini dan akan sesegera mungkin mengupayakan usulan yang disampaikan pihak BNN. (dok/foto : Yossi – HUMAS Kanwil Kemenkumham Jambi)

 

Proyek-Perubahan-Kakanwil-CCTV_1.jpeg

 

Proyek-Perubahan-Kakanwil-CCTV_7.jpeg

 

Proyek-Perubahan-Kakanwil-CCTV_6.jpeg

 

Proyek-Perubahan-Kakanwil-CCTV_5.jpeg

 

Proyek-Perubahan-Kakanwil-CCTV_4.jpeg

 

Proyek-Perubahan-Kakanwil-CCTV_3.jpeg

 

Proyek-Perubahan-Kakanwil-CCTV_2.jpeg


Cetak   E-mail