Jelang Bulan Ramadhan, Melalui Kegiatan Telemedicine Kumham Menyapa Setjen Menkumham Targetkan Kemenkumham Zero Kasus Covid-19

Telemedience_18-03.jpg

 

Jambi, Jumat(18/03/2022) “Kesehatan bukanlah segalanya, tapi tanpa kesehatan semua tidak akan ada artinya” begitu berartinya nikmat sehat bagi setiap insan, tak terkecuali bagi seorang Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Andap Budhi Revianto. Wujud nyata dari besarnya perhatian beliau kepada seluruh insan Pengayoman di seluruh Indonesia adalah dengan mengadakan inovasi-inovasi baru dimasa pandemic. Salah satu inovasi yang berhasil diterapkan beliau yaitu kegiatan Telemedicine Kumham Menyapa.

Kegiatan ini merupakan konsultasi online seputar masalah kesehatan, yang beberapa tahun belakangan kian menjadi pilihan di tengah masa pandemi Covid-19. Telemedicine atau konsultasi online didefinisikan oleh American Academy of Family Physicians sebagai praktik penggunaan teknologi untuk memberikan pelayanan kesehatan secara jarak jauh. Seorang dokter di satu tempat menggunakan teknologi komunikasi untuk melayani pasien yang berada di tempat lain.

Andap sendiri menyatakan rasa syukurnya atas penurunan angka positif covid di Jajaran Kemenkumham, yang pada minggu ke enam diadakannya kegiatan ini terbukti menurun, dari angka 1155 orang yang terjangkit pada awal tahun 2022 dan sempat melunjak ke angka 1996 kasus, terbukti pada minggu ini tepatnya jum’at tanggal 18 Maret 2022, angka positif Covid di Jajaran Kemenkumham seluruh Indonesia berhasil di tekan ke angka 345 kasus. Data ini diperoleh dari hasil survey yang dilakukan oleh masing-masing satuan kerja, baik itu di unit eselon I maupun satuan kerja yang berada di seluruh daerah. Beliau memandang perlunya sosok seorang pemimpin yang memberikan perhatiannya kepada setiap pegawainya yang terdampak covid. “perhatian pimpinan kepada pegawai sangat dibutuhkan dalam proses penyembuhan seorang pegawai dan dapat meningkatkan sistem imun” tuturnya.

Beliau juga memberikan apresiasi kepada beberapa Satuan Kerja yang berhasil meraih zero kasus covid dilingkup kerjanya, salah satunya Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM jambi yang dipimpin oleh Tholib.

Rasa bangga tampak jelas di wajah Tholib selaku Kakanwil dan Kepala Divisi Administarsi Kortini JM Sihotang serta Kepala Divisi Pemasyarakatan Aris Munandar yang turut hadir di Ruang Rapat Kepala Kantor Wilayah. Bagaimana tidak, seorang Setjen memberikan apresiasinya terhadap pencapaian yang telah diraih Kanwil Jambi.

Selain itu, setjen juga berpesan kepada seluruh peserta yang hadir di ruang zoom meeting pagi ini agar tetap mejaga kesehatan, baik fisik maupun psikis, mengingat tidak lama lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. “Jangan sampai terjadi kasus Reinfeksion yang dapat mengganggu proses ibadah dan kinerja kita di bulan puasa” imbuhnya. Tak lupa beliau juga mengingatkan “kita harus ampu beradaptasi dengan kebiasaan baru, yaitu menerapkan 3M demi terhindar dari bahaya virus.  Kalau anda tidak mau menjaga kesehatan anda sendiri, siapa lagi yg mau menjaganya, tetap rutin berolahraga agar tetap sehat, demi diri kita sendiri dan demi orang yang berada disekitar kita” tutupnya.

Usai arahan dari Setjen Menkumham, kegiatan dilanjutkan dengan paparan dan konsultasi kesehatan bagi pegawai Kemenkumham yang terpapar Covid-19 yang disampaikan oleh Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Pondok Indah dr. David Fadjar Putra, Sp. GK. serta dr. Yuli Rahmawati (tenaga kesehatan BPSDM Hukum dan HAM) sebagai moderator. (red/foto : YE/JA, FS)

 

telemedichine_18-03_3.jpeg

telemedichine_18-03_2.jpeg

telemedichine_18-03_1.jpeg

telemedichine_18-03_6.jpeg

telemedichine_18-03_5.jpeg

telemedichine_18-03_4.jpeg

 


Cetak   E-mail