Jajaran Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jambi Adakan Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan di Bidang Keamanan dan Ketertiban

Sosialisasi_Div_PAS.jpg

 

Jambi, Selasa (29/03/2022) Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi, menggelar Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan di Bidang  Pembinaan dan Keamanan yang diikuti oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis Jajaran Pemasyarakatan yang ada di Provinsi Jambi. Dari ruang Aula Pengayoman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jambi, acara Sosialisasi dibuka langsung oleh Direktur Keamanan dan Ketertiban Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia Abdul Aris.  

Dalam sambutannya pada kegiatan sosialisasi yang  juga dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Tholib,  Kepala Divisi Adminstrasi Kortini JM Sihotang, Kepala Divisi Pemasyarakatan Aris Munandar dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Toman Pasaribu serta Pejabat Struktural Divisi Pemasyarakatan serta Seluruh Kepala UPT menyampaikan bahwa rumus 3 + 1 untuk Pemasyarakatan  Maju yaitu : Deteksi Dini Gangguan Keamanan dan Ketertiban, Berantas Narkoba, dan Sinergi dengan Aparat Penegak Hukum ( APH) serta + Back To Basic. Menurutnya, hingga saat ini, DitjenPas, Kanwil maupun UPT terus menerus berupaya untuk meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara maupun Lemabaga Pemasyarakatan Khusus Anak. Upaya lain yang turut dilakukan oleh Jajaran pemasyarakatan adalah melakukan penanganan dan mengungkap peredaran Narkotika di dalam Lapas maupun Rutan, overcrowding dan upaya-upaya untuk menjaga martabat dan marwah pemasyarakatan. “ Hal ini menjadi  tanggung jawab kita bersama, karena Pemasyarakatan adalah rumah kita, nafas kita, tempat kita memperoleh penghasilan, jangan kotori dengan perbuatan-perbuatan yang dapat menurunkan harkat dan martabat kita sebagai petugas Pemasyarakatan” ujarnya.

Beliau juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh Jajaran Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jambi atas keseriusan dan dedikasi yang telah konsisten menjalankan tugas ditengah-tengah pandemi. Beliau berpesan agar seluruh pegawai tidak henti-hentinya mengingatkan kepada seluruh jajaran Pemasyarakatan, agar mengutamakan kesehatan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

Setelah pembukaan secara resmi, acara dilanjutkan dengan dengan pemaparan materi langsung oleh Dirkantib Ditjen Pas Abdul Aris dengan tema Isu Aktual Gangguan Kamtib Yang Terjadi terkait   Maraknya Penyalahgunaan Narkoba Oleh Wbp Dan Petugas, Penggunaan/Penyalahgunaan Alat Komunikasi Di Blok Hunian, Praktek Pungli Terhadap Hak-Hak Wbp,  Banyaknya Lapas/ Rutan Yang Mengalami Over Kapasitas, Kurangnya Sdm Khususnya Dalam Bidang Pengamanan Di Lapas/ Rutan, Maraknya Pelarian, Kerusuhan Kebakaran Dapengeluaran Narapidana/Tahanan Secara Tidak Sahn Pemberontakan Di Lapas/Rutan, Banyaknya Tahanan Yang Overstay. (red/foto : YE/JA, FS)

 

 

sosialisasi_Div_PAS_4.jpeg

 

WhatsApp_Image_2022-03-29_at_16.12.12.jpeg 

sosialisasi_Div_PAS_3.jpeg

 

sosialisasi_Div_PAS_1.jpeg

 

sosialisasi_Div_PAS_8.jpeg

 

sosialisasi_Div_PAS_9.jpeg

 

 


Cetak   E-mail