OPini Kanwil Kemenkumham Jambi, Perluas Wawasan dan Pemahaman akan Kewarganegaraan RI

 92._22-4-2022_-_OPini_Kanwil_Kemenkumham_Jambi_Perluas_Wawasan_dan_Pemahaman_akan_Kewarganegaraan_Republik_Indonesia.jpg

 

JAMBI – Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM (Balitbangkumham) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI) bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jambi menyelenggarakan Sosialisasi Hasil Penelitian Hukum dan HAM melalui diskusi daring kegiatan Obrolan Peneliti (OPini) yang mengangkat tema “Kehilangan Kewarganegaraan Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia” pada Jumat ini (22/4). Kegiatan OPini ini merupakan kegiatan terakhir dari rangkaian kegiatan OPini yang terakhir dalam cakupan Kantor Wilayah dan kegiatan ini diselenggarakan secara virtual melalui zoom meetings.

Turut mengundang secara virtual tiga orang narasumber yang cukup berkompeten dan ahli di bidangnya yakni Prof. H. Abdul Bari Azed, S.H., M.H., Ph.D. Ketua Program Magister Ilmu Hukum Universitas Batanghari, Betty Sakura, S.E., M.Ei. Kepala Bidang Dukcapil Provinsi Jambi, dan Muhaimin, S.H., M.H. Peneliti Ahli Muda Balitbangkumham. OPini kali ini secara istimewa dibawakan oleh Ahmad Sodikin Penyiar TVRI Jambi. Tholib Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jambi menyampaikan terlebih dahulu laporan kegiatan OPini ini sebelum rangkaian kegiatan dimulai. Adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan OPini ini yakni: 1) Untuk mengoptimalkan penyebarluasan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Balitbangkumham sehingga dapat dipahami dan dimanfaatkan oleh stakeholder, 2) untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang faktor-faktor kehilangan kewarganegaraan Republik Indonesia, dan 3) untuk mengetahui dan menganalisis upaya untuk memperoleh kembali kewarganegaraan Indonesia.

Mungkin banyak yang bertanya apa itu OPini? Opini merupakan mekanisme atau sebuah ruang untuk melakukan sosilisasi dan publikasi atas hasil penelitian rekan-rekan Balitbangkumham di tahun lalu. Melalui OPini ini diharapkan para narasumber yang hadir ini dapat memberikan masukan dan saran atas hasil penelitian yang telah dilaksanakan. Kepala Balitbangkumham Sri Puguh Budi Utami menyampaikan, “Obrolan Peneliti adalah agenda diskusi secara daring yang digagas oleh Balitbang Hukum dan HAM, bertujuan untuk menghasilkan pengetahuan mengenai isu yang aktual dan relevan untuk dibicarakan. Sekaligus mempublikasi hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Balitbang Kumham, sejalan dengan program Corporate University pada Kementerian Hukum dan HAM. Opini ini beritikad untuk menjadi jembatan antara pemerintah, akademisi, dan masyarakat.”, ujar Sri Puguh. Peserta kegiatan opini diikuti hampir sebanyak 500 orang partisipan dan terbuka untuk umum, terdiri dari: pemangku kebijakan, akademisi, mahasiswa, dan masyarakat umum. Sisanya mengikuti melalui Youtube Humas Kemenkumham Jambi.

(RED/FOTO: JA/YE)

 

OPini_Kanwil_Kemenkumham_Jambi_Perluas_Wawasan_dan_Pemahaman_akan_Kewarganegaraan_Republik_Indonesia_10.jpeg

OPini_Kanwil_Kemenkumham_Jambi_Perluas_Wawasan_dan_Pemahaman_akan_Kewarganegaraan_Republik_Indonesia_12.jpeg

OPini_Kanwil_Kemenkumham_Jambi_Perluas_Wawasan_dan_Pemahaman_akan_Kewarganegaraan_Republik_Indonesia_11.jpeg

OPini_Kanwil_Kemenkumham_Jambi_Perluas_Wawasan_dan_Pemahaman_akan_Kewarganegaraan_Republik_Indonesia_2.jpeg

OPini_Kanwil_Kemenkumham_Jambi_Perluas_Wawasan_dan_Pemahaman_akan_Kewarganegaraan_Republik_Indonesia_14.jpeg

OPini_Kanwil_Kemenkumham_Jambi_Perluas_Wawasan_dan_Pemahaman_akan_Kewarganegaraan_Republik_Indonesia_13.jpeg


Cetak   E-mail