Semarakkan Ramadhan dan Meriahkan HBP Ke-60, Kanwil Kemenkumham Jambi Adakan Seleksi Lomba MTQ dan Dakwah bagi WBP

Seleksi_MTQ.jpg

 

JAMBI - Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan dan memeriahkan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke 60, Siang ini (15/3/2024) Kanwil Kemenkumham Jambi menggelar seleksi Lomba Musabaqah Tilawatil-Qur'an (MTQ) dan Dakwah Warga Binaan Pemasyarakatan. Kegiatan lomba kali ini dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Lili.

Terdapat berbagai kriteria dalam perlombaan tersebut, diantaranya ialah Perlombaan MTQ dan Dakwah dibagi menjadi 3 (tiga) tingkat yakni Dewasa, Perempuan dan Anak; Penilaian dibagi pada 4(empat) kategori yakni Makhraj Huruf, Tajwid, Langgam (nada) dan Etika Tilawah; Surat yang akan dibacakan oleh peserta ayat suci Al-Quran pada Juz 30; dan Peserta diharapkan beprilaku sopan dan berpakaian rapi (pantas);

Karena hal tersebut, Kanwil Kemenkumham Jambi menggelar seleksi dimana akan dipilih beberapa orang WBP yang akan berpartisipasi dalam lomba kali ini.  Selain menjadi ajang untuk menunjukkan bakat dan kemampuan, lomba ini juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk memperkuat keimanan dan ketakwaan para WBP.

Dalam kesempatannya, Kadiv PAS Lili menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan kali ini ialah untuk mencari bakat-bakat potensial warga binaan dalam rangka pembinaan kepribadian sekaligus memberikan motivasi kepada warga binaan untuk mempelajari dan mendalami seni dalam membaca Al Qur’an.

“Peningkatan pemahaman dan pengamalan keagamaan merupakan salah satu program pembinaan yang telah dilaksanakan, tentunya kami berharap agar peserta dapat mengimplementasikan kandungan Al-quran tersebut pada kehidupan sehari-hari, sehingga bisa melekat dan memberikan motivasi diri untuk selalu berbuat kebaikan di jalan Allah SWT,” Jelas Lili.

Setelah digelar seleksi, WBP yang terpilih diambil videonya saat membacakan ayat suci al-quran ataupun dakwah, dan video inilah yang disaksikan oleh tim penilai dari Kanwil Kemenkumham Jambi untuk proses seleksi lebih lanjut, dan Kantor Wilayah akan mengirimkan satu perwakilan terbaik dari masingmasing kategori yaitu MTQ dan Dakwah kepada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan,  dan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan akan melaksanakan seleksi dan menetapkan pemenang lomba MTQ dan Dakwah. (Red/Foto : YE/JA)

 

WhatsApp_Image_2024-03-15_at_14.18.08_1.jpeg

WhatsApp_Image_2024-03-15_at_14.18.07.jpeg

WhatsApp_Image_2024-03-15_at_14.18.06.jpeg

WhatsApp_Image_2024-03-15_at_14.18.07_1.jpeg

WhatsApp_Image_2024-03-15_at_14.18.08.jpeg


Cetak   E-mail